Apoteker Alumni UGM: Jamu Masih Menjadi Pilihan, Bahkan Pada Era Digitalisasi

- Selasa, 27 September 2022 | 10:30 WIB
Peran Jamu dalam menyehatkan masyarakat akan tetap eksis di masa datang, sehingga perlu terus diteliti agar menghasilkan produk Jamu yang ilmiah. (Dok. ObatNews)
Peran Jamu dalam menyehatkan masyarakat akan tetap eksis di masa datang, sehingga perlu terus diteliti agar menghasilkan produk Jamu yang ilmiah. (Dok. ObatNews)

OBAT NEWS- “Jika para ahli dan peneliti kita di bidang kefarmasian, biologi kimia dan pertanian bersatu melakukan penelitian terus menerus hingga tercipta menjadi bahan baku obat, maka saya yakin kita tidak perlu lagi harus mengimpor bahan baku obat dari luar negeri.”

Demikian disampaikan oleh apt. Firwan Firdaus- Alumni Fakultas Farmasi UGM. Beliau Lulus Apoteker di UGM tahun 1983. Kemudian melanjutkan S2- Bidang Manajemen Rumah Sakit dari Fakultas Kedokteran UGM, lulus tahun 2000.

Saat ini, beliau sebagai Ketua MEDAI PD IAI Jateng- merangkap Wakil Ketua Plt. PD IAI Jateng. Pernah berkarir sebagai PNS di RSUD Ambarawa, Kabupaten Semarang.

Baca Juga: World Pharmacist Day 2022, dan Tantangan Apoteker Indonesia

Berikut ini, artikel lengkap dari apoteker Firwan Firdaus, yang dikirim kepada Redaksi ObatNews:

Kata Jamu berasal dari bahasa jawa kuno, yaitu: jampi atau usodo yang memiliki arti penyembuhan menggunakan ramuan obat-obatan atau do’a-do’a.

Kata Jamu juga sangat identik untuk sebutan obat tradisional Indonesia sehingga Jamu dapat di definisikan: obat tradisional yang berbahan alami warisan budaya yang diwariskan secara turun menurun dari generasi ke generasi untuk memelihara kesehatan tubuh.

Sedangkan definisi obat tradisional sendiri menurut Peraturan Menteri Kesehatan adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa ramuan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (galenic), atau campuran dari bahan tersebut yang secara turun temurun telah digunakan untuk pengobatan, dan dapat diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.

Sejak zaman dahulu kala, nenek moyang kita di Indonesia sudah sangat akrab dengan berbagai macam tumbuhan, yang kemudian diracik menjadi ramuan jamu yang berkhasiat untuk mencegah, meringankan dan bahkan dapat juga menyembuhkan berbagai penyakit, khususnya penyakit yang tidak terlalu berat.

Halaman:

Editor: Karyanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X