• Minggu, 4 Desember 2022

Merger dan Akuisisi Pasca Pandemi COVID-19. Strategi Pengungkit dan Penciptaan Nilai di Perusahaan Farmasi

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 09:36 WIB
Dalam buku: Strategi Merger dan Akuisisi, Pada Perusahaan Farmasi Besar Dunia Bidang Farmasi dan Bioteknologi, dikupas juga Merger dan Akuisisi Pasca Pandemi COVID-19. Bagaimana kajiannya? (ObatNews)
Dalam buku: Strategi Merger dan Akuisisi, Pada Perusahaan Farmasi Besar Dunia Bidang Farmasi dan Bioteknologi, dikupas juga Merger dan Akuisisi Pasca Pandemi COVID-19. Bagaimana kajiannya? (ObatNews)

OBAT NEWS- Bulan lalu (September 2022), Dr. Raymond Tjandrawinata, Ph.D, MS, MBA meluncurkan buku berjudul: “Strategi Merger dan Akuisisi, Pada Perusahaan Farmasi Besar Dunia Bidang Farmasi dan Bioteknologi.”

Buku setebal 164 halaman ini, penerbit PT. Global Medisina Indonesia, dengan ISBN: 978-623-93053-4-5, mendapat edorsement dari para tokoh bidang kesehatan dan bioteknologi nasional dan internasional, antara lain: Prof. Bambang Soemantri Brodjonegoro, Ph.D, Menteri Riset dan Teknologi Indonesia (2019-2021), DR. Sampurno, Apt (Kepala Badan POM 1998-2006), Ir. Ferry Soteikno, MBA, Pimpinan Dexa Group, Sandeep Sur, Country Director Hetero Drug Indonesia and Former VP & GM Novoo Nrdisk Indonesia, Nathan Tirtana, President Director of PT Etana Biotechnologies Indonesia.

Di dalam Kata Pengantar, Dr. Raymond Tjandrawinata menyebutkan "Dari buku ini dapat dipelajari konsep-konsep manajemen strategi yang berhubungan dengan merger dan akuisisi pada perusahaan farmasi dan bioteknologi disertai berbagai studi kasus pada perusahaan dunia."

Baca Juga: Format Strategi Merger dan Akuisisi Perusahaan Farmasi Besar Dunia dan Bioteknologi

Banyak pelajaran di buku ini- yang ditimba dari pengalaman Dr. Raymond- saat beliau berkarya di South San Francisco, CA, pada salah satu perusahaan terkemuka farmasi, SmithKline Beecham Pharmaceuticals (SB).

Saat itu, SB mempersiapkan diri untuk bergabung (merge) dengan perusahaan dunia lainnya, Glaxo Welcome (GW) pada tahun 1998-2000, membuahkan suatu perusahaan GlaxoSmithKline (GSK) dengan valuasi gabungan saat itu sebesar USD 180 juta Hasil dari penggabungan itu tentunya sudah termasuk dalam literatur klasik manajemen strategis perusahaan.

Buku ini, terdiri dari 11 BAB. Menilik dari pembahasan pada 11 BAB dalam buku ini, ada benang merah yang ingin disampaikan oleh penulis adalah: bagaimana format strategi merger dan akusisi perusahaan farmasi dan bioteknologi pasca pandemi COVID-19. Pokok bahasan tentang ini, dikupas cukup rinci pada 2 BAB yaitu, BAB 10 (Merger dan Akusisi Pasca Pandemi COVID-10), dan BAB 11 (Lapangan Main Baru Farmasi Pasca Pandemi).

Dr. Raymond Tjandrawinata, Ph.D, MS, MBA meluncurkan buku berjudul: “Strategi Merger dan Akuisisi, Pada Perusahaan Farmasi Besar Dunia Bidang Farmasi dan Bioteknologi.” (ObatNews)

Berikut ini, Kutipan Point Penting di BAB 10: Merger dan Akusisi Pasca Pandemi COVID-19:

Halaman:

Editor: Karyanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X