Paparan Timbal Tak Ada Tingkat Aman. Selalu Membahayakan, Dampaknya ke Penyakit Kardiovaskular dan Ginjal

- Rabu, 2 November 2022 | 21:25 WIB
Ilustrasi serangan jantung. Paparan timbal termasuk penyebab penyakit kardiovaskular termasuk jantung. (Emergency Physicians)
Ilustrasi serangan jantung. Paparan timbal termasuk penyebab penyakit kardiovaskular termasuk jantung. (Emergency Physicians)

OBAT NEWS – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan “Katakan tidak pada keracunan timbal” sebagai tema Pekan Pencegahan Keracunan Timbal Internasional ke-10 (ILPPW) untuk meningkatkan kesadaran tentang keracunan timbal dan mendorong semua negara untuk mengambil tindakan untuk mencegah paparan timbal, terutama pada anak-anak.

Setiap tahun diperkirakan 1 juta orang meninggal karena keracunan timbal. Jutaan lebih, banyak dari mereka anak-anak, terkena timbal rendah yang menyebabkan masalah kesehatan seumur hidup, termasuk anemia, hipertensi, imunotoksisitas, dan toksisitas pada organ reproduksi. Efek neurologis dan perilaku timbal bisa tidak dapat diubah.

WHO merekomendasikan bahwa sumber paparan timbal harus diidentifikasi dan tindakan diambil untuk mengurangi dan menghentikannya untuk semua individu dengan kadar timbal dalam darah lebih dari 5 mikrogram [µg] per desiliter (dl).

Baca Juga: COVID Terindikasi Merusak DNA Jantung, Bukan Peradangan. Kabar Baiknya, Jumlah Sampel Kecil, Baru Langkah Awal

Membahayakan Terutama untuk Anak-anak

Sebagaimana dilansir dalam laman resmi organisasi di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tersebut, tidak ada tingkat paparan timbal yang aman, selalu membahayakan kesehatan, terutama untuk anak-anak.

Berdasarkan data Dana Anak-Anak PBB (United Nations International Children's Emergency Fund/UNICEF) memperkirakan bahwa satu dari tiga anak—hingga 800 juta secara global—memiliki kadar timbal dalam darah pada atau di atas 5 µg/dl—dan tindakan global diperlukan dengan segera untuk mengatasi masalah ini.

Dr Maria Nera, Direktur Departemen Lingkungan, Perubahan Iklim, dan Kesehatan WHO, mengemukakan bahwa paparan timbal sangat berbahaya bagi otak anak-anak yang sedang berkembang dan dapat mengakibatkan penurunan kecerdasan intelektual (intelligence quotient/IQ), rentang perhatian, gangguan kemampuan belajar, dan peningkatan risiko masalah perilaku.

Timbal beracun bagi berbagai sistem tubuh, termasuk sistem saraf pusat dan otak, sistem reproduksi, ginjal, sistem kardiovaskular, sistem darah, dan sistem kekebalan.

Halaman:

Editor: M. Syahran W. Lubis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X