Imunisasi Radang Paru untuk Anak Mulai Diwajibkan. Pneumonia Penyebab 14,5 Persen Kematian Bayi per Tahun

- Selasa, 13 September 2022 | 16:40 WIB
Seorang bayi menguap dalam gendongan ibundanya ketika mengantre untuk diimunisasi. (Kementerian Kesehatan)
Seorang bayi menguap dalam gendongan ibundanya ketika mengantre untuk diimunisasi. (Kementerian Kesehatan)

OBAT NEWS - Kementerian Kesehatan mencanangkan pemberian imunisasi PCV (Pneumococcal conjugate vaccine) tingkat nasional untuk menjamin perlindungan bagi 4,6 juta anak dan balita dari penyakit berbahaya termasuk pneumonia atau radang paru.

“Kita mencanangkan imunisasi PCV secara nasional dengan sasaran sekitar 4,6 juta anak di seluruh Indonesia,'' kata Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Maxi Rein Rondonuwu.

Dia mengemukakan hal tersebut selepas meninjau pencanangan PCV di Puskesmas Talang Jambe, Palembang, Sumatra Selatan, pada Senin (12/09/2022) sebagaimana dilansir laman resmi Kemenkes pada Selasa (13/09/2022).

Baca Juga: Jangan Panik, Anak Demam Setelah Imunisasi Tidak Berbahaya. Siloam Hospitals Ingatkan 4 Langkah Mengatasinya

1. Termasuk dalam 14 Imunisasi Wajib bagi Anak

Dengan pencanangan ini, imunisasi PCV menjadi satu dari 14 jenis imunisasi yang wajib diberikan untuk anak-anak Indonesia.

Pada pelaksanaannya, penyuntikan imunisasi PCV dilakukan dengan cara intramuskular atau injeksi di bagian paha kiri dengan dosis 0,5 ml.

Pemberian imunisasi PCV diberikan dalam tiga dosis yakni ketika anak berusia 2 bulan, 3 bulan dan 12 bulan sebagai imunisasi lanjutan.

Terkait dengan ketersediaan vaksin PCV, Maxi memastikan kecukupan stok dan distribusi yang terjaga seiring dengan pencanangan nasional imunisasi PCV.

Halaman:

Editor: M. Syahran W. Lubis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X