Total Kasus Gagal Ginjal Akut pada Anak Capai 269 Kasus. Perkembangan GGA di 5 Provinsi Prioritas Pemantauan

- Kamis, 27 Oktober 2022 | 23:22 WIB
Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH (Persi)
Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH (Persi)

OBAT NEWS – Pemerintah mengungkapkan terdapat tambahan 18 kasus gagal ginjal akut atau kasus gangguan ginjal akut progresif atipikal (GGA) pada anak-anak, sehingga total kasus tersebut saat ini mencapai 269.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH menjelaskan 15 kasus yang dilaporkan bukan merupakan kasus baru, melainkan akumulasi dari kasus sebelumnya yang baru dilaporkan ke Kemenkes.

''Dari 18 kasus ini hanya tiga yang kasus baru, sedangkan sisanya kasus lama pada September dan awal Oktober yang baru dilaporkan,'' kata dr. Syahril.

Baca Juga: Fomepizole Diberikan Gratis ke Anak Penderita Ginjal Akut. Sebanyak 156 Obat Sirop Boleh Diresepkan

Dia menjelaskan kasus tersebut terjadi setelah Surat Edaran Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan per 18 Oktober 2022 yang meminta fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) tidak memberikan obat dalam bentuk cairan atau sirop.

Dengan demikian, lanjut dr. Syahril, setelah 18 Oktober, hanya terdapat tiga kasus baru GGA pada anak yang kini dalam perawatan.

Dia menambahkan kecenderungan tidak ada penambahan kasus yang tinggi, merupakan dampak dari kebijakan penghentian sementara penggunaan obat sirup pada anak.

Meski terkendali, sebagaimana dikutip dari laman resmi Kemenkes pada Kamis (27/10/2022), dr. Syahril mengungkapkan pemerintah terus memantau perkembangan kasus GGA terutama di lima provinsi dengan jumlah kasus tertinggi yakni DKI Jakarta, Aceh, Bali, Banten, dan Jawa Barat.

Baca Juga: Fatality Rate Gagal Ginjal Akut Anak 57,6 Persen. Fomepizole Didatangkan dari Singapura. AS, Australia, Jepang

Halaman:

Editor: M. Syahran W. Lubis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X