Anak Bisa Bergumul dengan Emosi, Pahami Saat Bocah Perlu Bantuan. Hapus Stigma Minta Bantuan Kesehatan Mental

- Senin, 31 Oktober 2022 | 22:33 WIB
Anak cepat marah boleh jadi akibat tengah bergumul dengan emosi. (Hey Sigmund)
Anak cepat marah boleh jadi akibat tengah bergumul dengan emosi. (Hey Sigmund)

OBAT NEWS – Sebagai orang tua, Anda pasti menginginkan yang terbaik untuk anak Anda. Tetapi, ketika anak Anda bergumul dengan emosi atau perilaku, mungkin sulit untuk dibicarakan dan bahkan lebih sulit untuk mengetahui kapan saatnya untuk mendapatkan perawatan medis.

Adrienne Fricker-Elhai, PhD, Direktur The Cullen Center di ProMedica, pusat terapi pediatrik rawat jalan di Ohio, Amerika Serikat. Menyatakan banyak sekali orang tua yang membutuhkan sumber daya.

Itulah sebabnya para ahli di Cullen Center ProMedica mempertimbangkan untuk menjawab beberapa pertanyaan umum mengenai hal tersebut.

Baca Juga: Akupunktur Meringankan Berbagai Gejala Penyakit, Aman untuk Anak-anak? Bagaimana Jika Anak Takut Jarum Suntik?

Cara Mengetahui Seorang Anak Memerlukan Bantuan

Sebagaimana dikutip dari ProMedica News Network, Dr. Fricker-Elhai mengemukakan penting untuk diingat bahwa perubahan perilaku atau rutinitas, terutama jika berlangsung selama berpekan-pekan atau berbulan-bulan dan mengganggu kemampuan anak untuk terlibat dalam aktivitas sehari-hari, bisa menjadi tanda bahwa anak Anda sedang bergumul dengan emosi.

Banyak dari tanda-tanda itu tergantung pada usia anak. Untuk anak-anak yang masih kecil, tanda-tanda sering muncul pada kemunduran pencapaian mereka, misalnya, mereka sudah dilatih menggunakan toilet, tetapi mengompol lagi.

Untuk anak usia sekolah, tanda-tanda mungkin muncul sebagai kurangnya minat pada aktivitas yang sebelumnya mereka sukai, seperti bermain dengan teman.

Sementara itu, untuk remaja, tanda-tanda biasanya muncul sebagai kemurungan dan lekas marah yang meningkat.

Halaman:

Editor: M. Syahran W. Lubis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X