Penggunaan OMAI Fitofarmaka di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Terus Didorong. Target Kemandirian Obat Nasional!

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 08:13 WIB
Sosialisasi Penggunaan OMAI Fitofarmaka  di Pelayanan Kesehatan Regional Tengah di Yogyakarta, 12 Agustus 2022. (Dok. Dexa Group)
Sosialisasi Penggunaan OMAI Fitofarmaka di Pelayanan Kesehatan Regional Tengah di Yogyakarta, 12 Agustus 2022. (Dok. Dexa Group)

OBAT NEWS- Obat Modern Asli Indonesia- OMAI Fitofarmaka terus didorong penggunaannya di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Nasional oleh Pemerintah, sebagai bagian dari strategi untuk Kemandirian Obat Nasional.

Pemerintah dan para stakeholders terkait, terus melakukan upaya-upaya agar penggunaan OMAI Fitofarmaka di Rumah Sakit, di Klinik, di Puskesmas dapat ditingkatkan di masa datang.

Sosialisasi program pemanfaatan OMAI Fitofarmaka di seluruh Indonesia, sangat perlu agar semua sistem pelayanan kesehatan nasional memberikan atensi dan dukungan untuk pemanfaatan OMAI Fitofarmaka yang sudah teruji klinis, dan diresepkan dokter di dalam negeri, dan di luar negeri.

Baca Juga: 15 Keunggulan OMAI sebagai Faktor Pembeda. Menjadi Keunggulan Daya Saing Kemandirian Obat Nasional

1.Afirmasi Bangga Buatan Indonesia, Fitofarmaka di Fasyankes

Pengembangan fitofarmaka menjadi fokus utama pemerintah untuk membangun sistem ketahanan kesehatan dan kemandirian farmasi dalam negeri.

Komitmen pemerintah dalam mendorong penggunaan fitofarmaka tercermin melalui peluncuran Formularium Fitofarmaka dan promosi penggunaan fitofarmaka di fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes).

Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Lucia Rizka Andalusia mengatakan pemerintah memiliki semangat untuk meningkatan penggunaan fitofarmaka sebagai obat asli Indonesia agar menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

“Berbagai upaya dilakukan untuk mengembangkan obat herbal, Obat Herbal Terstandar (OHT), dan fitofarmaka ke dalam pelayanan kesehatan. Ini perlu didukung dengan upaya untuk membuat fitofarmaka dapat berada di layanan kesehatan modern,” kata Rizka dalam Focus Group Discussion “Peningkatan Penggunaan Fitofarmaka di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Regional Tengah”, di Yogyakarta, 12 Agustus 2022.

Halaman:

Editor: Karyanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X