Presiden Tegaskan 5 Agenda Besar Nasional, Hilirisasi Satu Diantaranya. Hilirisasi Riset OMAI Sukses Go Global

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 15:19 WIB
Obat Modern Asli Indonesia- OMAI terbuat dari bahan alam asli Indonesia, dan sudah lulus uji klinis. (Tim Kreatif ObatNews)
Obat Modern Asli Indonesia- OMAI terbuat dari bahan alam asli Indonesia, dan sudah lulus uji klinis. (Tim Kreatif ObatNews)

OBAT NEWS- Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka HUT ke-77 Republik Indonesia Tahun 2022 di Gedung Parlemen, Jakarta, pada Selasa, 16 Agustus 2022.

Pidato disampaikan di depan Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) serta Sidang Bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Presiden Jokowi melanjutkan tradisi penggunaan busana khas daerah dalam pidatonya. Kali ini, Kepala Negara mengenakan busana adat dari Provinsi Bangka Belitung.

Baca Juga: Tranformasi Bidang Kesehatan, The Green Pharmacy dan OMAI dalam JKN

Mengawali pidatonya, Presiden Jokowi mengatakan, "Tantangan yang kita hadapi sangat berat. Sangat sulit. Tidak mudah. Semua negara di seluruh dunia sedang menghadapi ujian yang sama. Krisis kesehatan pandemi COVID-19 belum sepenuhnya pulih.

Perekonomian dunia juga belum sepenuhnya bangkit. Tiba-tiba meletus perang di Ukraina, sehingga krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan tidak terhindarkan lagi," jelasnya seperti dikutip di laman web setneg.go.id

Kita tahu 107 negara terdampak krisis, dan sebagian di antaranya diperkirakan akan jatuh bangkrut. Diperkirakan 553 juta jiwa terancam kemiskinan ekstrem, dan 345 juta jiwa terancam kekurangan pangan dan kelaparan.

Ujian ini tidak mudah bagi dunia dan juga tidak mudah bagi Indonesia. Semua ini harus kita hadapi dengan kehati-hatian, dengan kewaspadaan. Namun, di tengah tantangan yang berat, kita patut bersyukur, Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini.

Negara kita Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi COVID-19, termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia, yaitu 432 juta dosis vaksin yang telah kita suntikkan.

Halaman:

Editor: Karyanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X