• Minggu, 4 Desember 2022

Jamu sebagai Medical Tourism Unggulan Indonesia. Kelebihannya Bikin Negara Lain Gigit Jari

- Senin, 18 Juli 2022 | 04:48 WIB
Tim Badan POM dan LOKA POM Surakarta- berama Pemda Sukoharjo, GP. Jamu, KOJAI mensukseskan Pencanangan Sukoharjo Menuju Destinasi Wisata Jamu Indonesia, 17 Maret 2019. (Karyanto- ObatNews)
Tim Badan POM dan LOKA POM Surakarta- berama Pemda Sukoharjo, GP. Jamu, KOJAI mensukseskan Pencanangan Sukoharjo Menuju Destinasi Wisata Jamu Indonesia, 17 Maret 2019. (Karyanto- ObatNews)

OBAT NEWS- Jamu sebagai warisan nenek moyang bangsa Indonesia memiliki potensi besar untuk mejadi bagian penting dari Medical Tourism pengobatan tradisional Indonesia.

Kunci utama untuk mewujudkannya adalah mensinergikan stakeholders terkait untuk membangun medical tourism pengobatan tradional yang sudah menjadi bagian dari kultur masyarakat Indonesia.

Medical tourism adalah perjalanan seseorang dari suatu negara ke negara lain untuk mencari perawatan medis- apakah konvensional atau tradisional. Indonesia memiliki potensi besar untuk pengobatan tradisional, dengan menggunakan Jamu sebagai bagian penting dari tatalaksana medical tourism.

Baca Juga: Simak..! Wawancara Khusus Ketum Dewan Jamu Indonesia: Potensi Jamu Mendukung Resiliensi Kesehatan Nasional

Dengan potensi sumber daya alam, kompetensi SDM, dan dukungan sosial-budaya yang kuat, produk herbal di Indonesia atau yang biasa dikenal dengan istilah Jamu ini, semestinya dapat menjadi komoditi yang mendunia-termasuk melalui medical tourism.

Sayangnya, melimpahnya biodiversitas di nusantara ini, belum didukung political will yang kuat. Akibatnya, potensi yang ada belum menjadi keunggulan daya saing. Negara diharapkan dapat memposisikan diri untuk mendukung pertumbuhan nation branding, sehingga produk herbal atau jamu di Indonesia dapat lebih menjulang tinggi di era Revolusi Industri 4.0.

Padahal Presiden Indonesia, Joko Widodo sudah menjadi ‘brand ambassador’ Jamu melalui Vlog Jamu yang menjadi viral- yang menceritakan kebiasaan Pak Jokowi minum Jamu ramuan: Jahe, Kunyit dan Temulawak yang dikonsumsi secara rutin.

Semestinya, budaya minum Jamu dari orang nomor satu di Indonesia ini, juga dapat dijadikan motivasi untuk dijadikan budaya minum Jamu oleh seluruh masyarakat Indonesia. Presiden saja minum Jamu!

Baca Juga: Jamu Paling Laris, Luruhkan Lemah, Hilangkan Bau Badan..! Resep Ramuan Kuno Kunyit Asem

Halaman:

Editor: Karyanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X