• Minggu, 4 Desember 2022

Perusahaan Jepang dan Amerika Siap Produksi Lecanemab. Eisai dan Biogen Buat Sejarah bagi Penderita Alzheimer

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 07:47 WIB
Ilustrasi seorang perempuan tua. Eisai dan Biogen siap memproduksi Lecanemab, yang diharapkan menghambat Alzheimer yang umum diderita orang tua. (iStock)
Ilustrasi seorang perempuan tua. Eisai dan Biogen siap memproduksi Lecanemab, yang diharapkan menghambat Alzheimer yang umum diderita orang tua. (iStock)

OBAT NEWS – Hasil uji coba obat yang tampaknya memperlambat penyakit Alzheimer merupakan "momen bersejarah", menurut para ahli.

Perusahaan farmasi Jepang Eisai Co Ltd dan perusahaan farmasi Amerika Serikat Biogen Inc mengatakan obat mereka bekerja ketika diberikan pada tahap awal penyakit. Perincian lengkapnya belum dipublikasikan, tetapi tampaknya memperlambat laju penurunan kualitas otak.

Data itu memang masih terbatas, tetapi telah membangkitkan kegembiraan di antara para ilmuwan demensia dan badan amal, demikian ditulis BBC.

Baca Juga: 9 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan. Melindungi dari Flu, Tekan Risiko Penyakit Jantung, Cegah Alzheimer

Kelincahan Mental Diuji

Obat yang disebut sebagai Lecanemab dirancang untuk menghilangkan gumpalan protein beta-amiloid beracun yang menumpuk di otak penderita penyakit Alzheimer.

Lusinan percobaan obat lain selama ini gagal, menimbulkan pertanyaan tentang apakah amiloid benar-benar menyebabkan penyakit tersebut.

Dalam percobaan kali ini, 1.795 sukarelawan pada tahap awal penyakit Alzheimer disuntik dengan Lecanemab setiap 2 pekan dan secara teratur diuji ingatan dan kelincahan mental mereka.

Laju penurunan kognitif berkurang 27 persen dalam percobaan yang berlangsung selama 18 bulan, dibandingkan dengan orang yang diberi pengobatan dummy atau plasebo, kata perusahaan farmasi tersebut.

Halaman:

Editor: M. Syahran W. Lubis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

OGBdexa Market Leader dengan TKDN yang Tinggi

Rabu, 9 November 2022 | 17:49 WIB

Terpopuler

X